Kapolri Jenderal Idham Azis melalui peraturannya mengubah warna seragam satuan pengamanan (satpam) menjadi cokelat. Warna coklat ini mirip seperti seragam Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Seragam baru satpam nantinya juga akan dilengkapi dengan pangkat layaknya anggota Polri.

Dalam Perkap tersebut disebutkan ada lima jenis pakaian dinas satpam yang akan diatur. Kelima jenis pakaian dinas satpam yakni, Pakaian Dinas Harian (PDH), Pakaian Dinas Lapangan Khusus (PDL Sus), Pakaian Dinas Lapangan Satu (PDL Satu), Pakaian Sipil Harian (PSH), dan Pakaian Sipil Lengkap (PSL).

Dimana, masing-masing jenis pakaian dinas itu dibedakan antara pria dan wanita (tanpa kerudung dan berkerudung). Seragam PDH, PDL Sus, dan PDL Satu semuanya berwarna cokelat. Perkap tersebut juga mengatur topi seragam satpam untuk PDH yang mirip dengan polisi.

Bahkan, dalam perkap tersebut juga diatur pangkat untuk para satpam. Pangkat zatpam nantinya dibagi menjadi tiga golongan, mulai dari manajer, supervisor, dan pelaksana.

Sebelumnya, Satpam berpedoman pada Peraturan Kepala Kepolisian Nomor 24 Tahun 2007 tentang Sistem Manajemen Pengamanan Organisasi, Perusahaan dan/atau Instansi/Lembaga Pemerintah. Aturan tersebut berbeda dengan yang sekarang.

Dimana, dalam perkap itu mengatur mekanisme agar anggota Satpam dapat menduduki pengkat tersebut pada pasal 21. Anggota satpam harus mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh Polri atau Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP) yang memiliki Surat Izin Operator (SIO) jasa pelatihan.

Kenaikan pangkat bagi anggota Satpam juga diatur dalam Perkap ini. Dalam setiap golongan terdapat tiga pangkat, yakni pelaksana utama, pelaksana madya, dan pelaksana. Dalam supervisor terdapat supervisor utama, supervisor madya, dan supervisor. Lalu pada manajer terdapat manajer utama, manajer madya, dan manajer.

Tiap golongan memiliki tanda kepangkatan berbentuk segitiga dengan warna yang berbeda. Untuk pangkat pelaksana berwarna putih, lalu untuk pangkat supervisor berwarna kuning, dan pangkat manajer berwarna merah.

“Untuk menggunakan seragam tersebut tentu tidak sembarangan. Jadi kalau ada Satpam pakai seragam baru, coba pertanyakan apakah sudah ikut pendidikan Satpam dan punya KTA. Kalau belum, berarti dia tidak berhak gunakan seragam itu,” tegas Ambang dilansir SuaraSulsel.id, Rabu 10 Februari 2021.

Perbedaan antara seragam satpam dan polisi, kata dia, terletak pada gradasi warnanya. Seragam Satpam 20 persen lebih muda dibandingkan dengan seragam polisi.

Selain itu, pita nama dan tulisan yang berada pada dada seragam Satpam berwarna putih. “Pita nama dan tulisan Satpam di dada berwarna putih. Lambang Polda ada di pundak kanan, sedangkan polisi di pundak kiri,”.

“Ini kan memang masih banyak warga yang secara sosialisasi belum paham itu. Cuma perbedaannya memang sangat jelas. Kalau polisi papan nama depannya kan warnanya coklat hitam. Kalau yang satpam itu warnanya papan nama dan tulisan putih hitam. Dan warnanya cenderung lebih muda 20 persen gradasi dari seragam polisi,”.

Brigjen (Pol) Awi Setiyono yang saat itu menjabat Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri menyatakan, perubahan seragam tersebut diharapkan menumbuhkan kebanggaan satpam terhadap profesi mereka serta menimbulkan kedekatan emosional dengan Polri.

“Terjalin kedekatan emosional antara Polri dan satpam, menumbuhkan kebanggaan satpam sebagai pengembang fungsi kepolisian terbatas. Memuliakan profesi satpam, dan menambah pergelaran fungsi kepolisian di tengah-tengah masyarakat,”
Dengan penerbitan peraturan seragam baru itu, Awi mengatakan Polri akan menindak oknum yang menyalahgunakan seragam anggota satpam. Ia menegaskan, Polri akan melaksanakan proses hukum sesuai undang-undang. “Kalau masalah rawan pemalsuan, penyalahgunaan, tentunya kita proses sesuai peraturan perundang-undangan,” ujar Awi, 16 September 2020.

  1. PERBEDAAN SERAGAM SATPAM DENGAN POLISITutup Kepala Pada satpam, pet berwarna cokelat tua yang dilengkapi:
  • klep warna hitam
  • pita hias untuk setingkat supervisor ke atas berwarna kuning, staf berwarna putih, dan anggota berwarna hitam,
  • knop tali hias berbentuk bundar dengan simbol emblem satpam,
  • emblem untuk setingkat supervisor ke atas berwarna kuning emas dengan alas beludru hitam, untuk staf dan anggota berwarna putih perak.

Sementara pada polisi, pet atau fieldcap warna cokelat tua dengan emblem Tribrata dan hiasan pada klep sesuai golongan kepangkatan.

2. Seragam dan atribut

  • Satpam Satpam mengenakan sabuk besar (kopelriem) warna hitam dengan timang (gesper) dari logam berwarna kuning dan ikat pinggang kecil berwarna hitam dari logam berwarna kuning.
  • Ada simbol pada ikat pinggang yang sama seperti emblem di topi.
  • Pada seragam satpam, tulisan ‘Satpam’ terbuat dari kain berwarna dasar putih dengan huruf berwarna hitam, dijahit diatas saku dada sebelah kiri.
  • Badge dari kain dijahit pada lengan baju kiri yang menunjukkan instansi / proyek / badan usaha yang menggunakan jasa satpam tersebut.
  • Tanda lokasi terbuat dari kain dijahit pada lengan baju kiri di atas badge yang menunjukkan lokasi Polres/Polresta yang membawahi operasionalisasi Satpam tersebut.
  • Badge Mabes Polri atau Polda terbuat dari kain dijahit pada lengan baju kanan, menunjukkan di mana satpam tersebut terdaftar.
  • Tali peluit berwarna hitam. Untuk setingkat supervisor ke atas, tali terletak di bahu kanan sedangkan untuk staf dan anggota di bahu kiri.
  • Pentung / ruyung yang digunakan menyesuaikan spesifikasi teknis dan penggunaan.
  • Pisau rimba
  • Lencana tanda kewenangan pengemban fungsi kepolisian terbatas terbuat dari logam dipasang di dada kiri.
  • Tanda kepangkatan anggota Satpam.
  • Pin kualifikasi Gada Pratama, Gada Madya, Gada Utama terbuat d ari logam, dipasang pada saku sebelah kiri.

Polisi

  • Sementara polisi mengenakan sabuk yang sama dengan satpam. Yang membedakan adalah simbol pada ikat pinggang, yakni emblem Tribrata.
  • Tanda induk kesatuan (TIK), tanda lokasi, tanda kesatuan, dan tanda korps kesatuan.
  • Pada seragam polisi, dapat pula dipasangkan lencana dan tanda jasa lain. Akan tetapi, hal itu hanya boleh dipakai bagi yang berhak.
  • Adapun lencana tersebut antara lain: lencana tanda jabatan, lencana kewenangan bentuk besar, tongkat komando, tanda jasa pita, tanda kemahiran dan penghargaan.
  • Ada juga lambang bendera merah putih dan tulisan ‘INDONESIA’, dikenakan oleh polisi yang berada pada garis batas NKRI.

Perbandingan sederhana 

Berdasarkan penjabaran tersebut, masyarakat awam dapat membedakan seragam satpam dan polisi dengan melihat hal-hal berikut:

  • Ada tulisan ‘SATPAM’ atau ‘POLRI’ pada bagian atas saku seragam
  • Satpam mengenakan tali peluit di bahu kiri atau kanan, sementara polisi tidak.
  • Satpam membawa pentung dan pisau rimba multi fungsi, sementara polisi tidak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *